Bulan Ini cair! Daftar bansos yang akan cair pada 2023

Bulan Ini cair! Daftar bansos yang akan cair pada 2023

Daftar bansos yang akan cair pada 2023

1, Program Keluarga Harapan (PKH)

Pemerintah menargetkan hingga 10 juta rumah tangga menjadi penerima PKH pada tahun 2023.

Data penerima manfaat PKH didasarkan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola Kementerian Sosial. Data DTKS ini terus dimutakhirkan setiap bulan.

Keluarga penerima PKH (KPM) yang sudah mendapatkan bantuan tidak dapat lagi menerima bantuan karena berbagai sebab, antara lain meninggal dunia, tidak ditemukan, atau termasuk dalam keluarga yang sudah sejahtera.

Cek Penerima Bansos

2. Program Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK)

Program kesehatan dari pemerintah ini menyasar keluarga kurang mampu dan miskin. Karena data itu juga menunjukkan DTKS Kemensos.

Tahun ini, PBI menargetkan dapat menjangkau 96,8 juta penerima manfaat jaminan kesehatan.

Penerima PBI JK tidak menerima uang tunai, namun bantuan sosial dibayarkan langsung kepada pejabat bidang kesehatan, dalam hal ini Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Dengan demikian, penerima manfaat yang terdaftar dalam program PBI JK tidak lagi harus membayar iuran bulanan BPJS Kesehatan.

3. Program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

Salah satu bantuan sosial yang akan disalurkan melalui Departemen Sosial pada tahun 2023 adalah Kartu Sembako atau Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Pemerintah menargetkan memberikan bantuan sosial BPNT kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat.

Nantinya, penerima manfaat akan mendapatkan bantuan sosial dasar sebesar Rp 200.000 yang dapat dicairkan menjadi kartu KKS di Bank Bimbingan atau Pos Indonesia.

4. Program Indonesia Pintar (PIP)

Tahun ini juga akan ada Program Bantuan Sosial (PIP) Indonesia Pintar yang dibelanjakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag).

Tahun ini, Program Bansos PIP yang dijalankan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melayani 17,9 juta siswa, mulai dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) hingga SMA/sederajat.

Jumlah dukungan akan tetap sama seperti tahun sebelumnya sebagai berikut:

  • SD sebesar Rp 450.000
  • SMP/sederajat Rp 750.000
  • SMA/sederajat Rp 1.000.000

PIP untuk SD dan SMP disampaikan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI), sedangkan SMA/sederajat disampaikan melalui Bank Negara Indonesia (BNI).

Sedangkan program yang disalurkan Kementerian Agama (PIP) melayani 2,2 juta pelajar dan 67.800 mahasiswa.

Cek Penerima Bansos

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

Selain program bantuan sekolah untuk siswa SD, SMP, dan SMA/sederajat, pemerintah juga mengalokasikan dana bansos untuk program KIP pengajaran.

Pada tahun 2023, program kuliah KIP akan lolos verifikasi hingga 908.900 mahasiswa kurang mampu.

Penerima manfaat yang dulu bernama Bidikmisi dari kelas KIP mendapatkan bantuan biaya pendidikan berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan biaya hidup.

Perlu diketahui, selain enam manfaat sosial tersebut, pemerintah telah mengalokasikan anggaran perlindungan sosial melalui lembaga (K/L) non kementerian/lembaga sebesar Rp311,8 triliun.

Bantuan sosial non K/L ini diberikan melalui program pengelolaan subsidi untuk penyaluran listrik, tabung LPG 3 kg,

penyaluran subsidi manfaat KUR dan program pengelolaan pengeluaran lainnya untuk pelaksanaan kartu prakerja. Alokasikan program dan cadangan bencana.

Nah, demikian penjelasan mengenai 6 tunjangan sosial (anti sumber) yang akan dibayarkan pada tahun 2023.

Itulah ulasan mengenai Cara Cek Penerima Bansos Ramadhan 2023, yang dihimpun blogdidik.com.