Program Infak Seribu Rupiah Membangun Masjid

Infak
pexels

Bisakah dengan program infak seribu rupiah (RP.1000,-) Dewan Kemakmuran Masjid / DKM melaksanakan program pembangunan dan pengembangan masjid?

Sudah hampir setahun yang lalu ketika plafon masjid di komplek kami roboh terkena angin hujan. Hingga dua bulan sebelum ramadhan tiba belum juga diperbaiki. Dengan saldo kas yang hanya mengandalkan infak jumat, kami kesulitan untuk melakukan perbaikan. Lebih dari 20 persen penduduk di komplek kami adalah buruh sehingga jumlah jamaah setiap jumat sebagian besar dilakukan diluar lingkungan komplek. Secara otomatis infak jumat juga banyak yang tidak masuk ke dalam kas masjid kami.

Read More

Akhirnya kami melakukan rapat internal DKM untuk menemukan solusi bagaimana upaya pendanaan bisa dilakukan lebih cepat tanpa membuat warga merasa keberatan dengan program yang akan kami jalankan. Pertama, kami menghitung jumlah warga yang muslim tentunya. Kemudian membandingkan dengan total anggaran untuk melakukan renovasi/perbaikan plafon masjid. Sebagai catatan, di komplek kami baru terdiri dari dua blok dan masih banyak warga yang belum menempati rumah mereka. Dan seperti saya sampaikan sebelumnya, bahwa mayoritas adalah pekerja sebagai buruh pabrik.

Setelah dikalkulasi, ternyata akan cukup sulit untuk disampaikan kepada warga tentang jumlahnya besaran iuran yang akan diwajibkan. Karena ini untuk pembangunan masjid, akan banyak komentar bahwa hal itu tida bisa diwajibkan. Ramadhan tinggal dua bulan lagi, kami punya tanggung jawab moral untuk melakukan penyelesaian sebelum hari itu tiba. Akhirnya kami menemukan sebuah solusi, bagaimana dengan seribu rupiah kami bisa melaksankan program ini. Nama programnya adalah “Infak Seribu Rupiah Perhari”.

Dari data yang sudah dikumpulkan, kami melakukan survey sekaligus pendataan ulang untuk memastikan siapa-siapa saja yang akan mengikuti program tersebut. Diluar dugaan, program ini diikuti hampir seluruh warga yang sudah terdata sebelunya.

Infak Seribu Rupiah Perhari, ini telah dilakukan dengan suka rela dan penuh kesadaran. Jika dihitung, 1000 X 30 = 30.000 jika dikalikan dengan 300 warga maka akan tercapai Rp.9.000.000,- per bulan.

Silahkan dihitung dengan jumlah yang sedikit lebih besar, maka akan terjadi akumulasi yang tak terduga sebagai sebuah program. Metode ini sudah kami implementasikan dan pencapaian nyaris 100 persen.

Sebuah kerumunan kecil yang terorganisir secara rapih akan mampu menciptakan sebuah kekuatan yang besar.  Jangan Pernah Lelah Untuk Berjamaah

Bagaimana pelaksanaannya? Hal itu tidak mengikat, hanya saja yang kami lakukan adalah dengan membagikan Celengan/Tabungan sejenis toples plastik. Kemudian diberikan sticker yang sedikit menarik. Lalu jelaskan bahwa jamaah bisa mengisi toples tersebut dengan 1000 rupiah perhari namun tidak wajib. Dan setiap awal pekan pertama akan ada petugas dari DKM yang akan mengambil infak dari mereka.

Demikian , semoga tulisan ini memberi inspirasi dan manfaat. Jika ada hal-hal terkait teknis dan lainnya bisa kontak saya melalui contact yang sudah saya tulikan di atas blog ini.