Mengapa Transformasi Digital Merupakan Respons Krisis yang Efektif

transformasi digital
freepik
Krisis COVID-19 telah menghadirkan tantangan yang luar biasa kepada para pemimpin bisnis dan tim mereka, baik secara profesional maupun pribadi. Lalu apakah transformasi digital Merupakan Respons Krisis yang Efektif?

‘Lockdown’ telah membuat banyak organisasi bertransisi ke lingkungan kerja yang jauh, memaksa perubahan dalam cara kerja baru.

Komunikasi tim menjadi lebih lebih efektif dan efisien, dengan menyesuaikan diri terhadap puncak atau penurunan permintaan.

Read More

Dan memastikan kesinambungan bisnis memiliki peringkat tinggi dalam daftar prioritas.

Dari sudut pandang yang luas, momen dalam waktu ini telah menyoroti kebutuhan mendesak untuk desentralisasi staf dan manajemen proses.

Selain itu, tekanan finansial, masalah kesehatan, dan ketidakpastian di masa depan telah berdampak tak terhindarkan pada kesehatan mental kita.

Krisis COVID-19 belum pernah terjadi sebelumnya — tidak ada bisnis yang dapat mempersiapkan diri untuk gangguan yang begitu signifikan.

Tidak ada rencana induk darurat untuk diikuti ketika tuas sosial dan ekonomi masyarakat ditarik ke arah yang sebelumnya tidak teramati; terserah para pemimpin bisnis untuk menempa tindakan mereka sendiri berdasarkan apa yang paling penting bagi perusahaan mereka.

Untuk dapat menanggapi dan memulihkan dari kejatuhan COVID-19, organisasi harus bertindak cepat, menghadapi tantangan dengan perspektif baru dan fokus pada kolaborasi.

Berikut adalah lima alasan mengapa transformasi digital adalah respons krisis yang efektif.
Tanggapi, jangan bereaksi

Dalam suatu krisis, pertimbangan pertama untuk setiap pemimpin bisnis adalah orang-orang mereka.

Pertimbangkan apa yang sedang dialami karyawan Anda dan tindakan apa yang harus diambil untuk melindungi kesejahteraan mereka.

Fokus selanjutnya adalah membuat rencana untuk melindungi bisnis Anda.

Gangguan membutuhkan cara berpikir baru; di zaman kita sekarang, ini berarti transformasi digital.

Para pemimpin bisnis harus beradaptasi dengan menemukan solusi untuk menemukan kembali model bisnis dan memungkinkan cara-cara alternatif untuk bekerja dan berkolaborasi .

Fleksibel, untuk bertahan dari gangguan langsung sambil memastikan setiap perubahan jangka pendek mendukung kelangsungan bisnis dan memperkuat proses.

Buat perencanaan darurat yang efektif menghilangkan pengambilan keputusan reaktif, yang bisa melumpuhkan bisnis dalam jangka panjang..

Komunikasi adalah kunci

Setelah Anda membuat rencana darurat, langkah selanjutnya adalah mengomunikasikannya ke seluruh perusahaan.

Ketika COVID-19 melihat tim dikurung di rumah mereka di berbagai wilayah geografis, berkomunikasi di tingkat perusahaan menjadi lebih menantang.

Hal yang sama berlaku untuk pekerja yang berkolaborasi dalam tim yang sama, apalagi bidang bisnis yang berbeda.

Untuk mempertahankan konsistensi dan efisiensi alur kerja, diperlukan dimensi digital yang sama sekali baru, atau dikenal sebagai ‘sumber kebenaran tunggal’.

Bisnis harus membuat standar kerja yang dapat digunakan di seluruh perusahaan dan dieksekusi dengan cara yang sama oleh semua staff.

Membangun satu sumber kebenaran untuk cara beroperasi selama dan segera setelah krisis memisahkan bisnis yang berkembang dari yang masih bertahan.

Tetaplah fokus pada pelanggan

Sementara roda gigi mungkin bergeser secara internal, dari perspektif luar, penting untuk melakukan sedekat mungkin dengan ‘bisnis seperti biasa’.

Transformasi digital memperkuat kerangka kerja manajemen proses yang kuat, karena semua kegiatan bisnis dimodelkan dan dipahami oleh staf.

Ini berarti Anda akan dapat mempertahankan sedekat mungkin dengan pengalaman pelanggan positif yang normal, bahkan dalam keadaan yang menantang.

Proses otomatisasi aktivitas dalam area bisnis utama berlanjut tanpa berpikir dua kali, artinya pelanggan diprioritaskan pada mode pilot otomatis.

Pada gilirannya, ini mengurangi churn pelanggan dan meningkatkan loyalitas di antara basis klien yang ada.

Tetap berpusat pada pelanggan adalah unsur penting untuk sukses dalam krisis.

Lagi pula, tidak ada gunanya mencoba pulih dari krisis hanya untuk muncul dengan hubungan pelanggan yang rusak dalam proses.

Tes stres untuk ketahanan jangka panjang

Di sebagian besar organisasi, ada kelompok orang yang bertanggung jawab untuk proses tertentu.

Tetapi ketika sesuatu yang tidak terduga terjadi yang memaksa proses untuk ditingkatkan atau ditingkatkan sebagai akibat dari perubahan permintaan, proses seringkali perlu ditinjau.

Simulasi adalah metode digital yang digunakan untuk membuat keputusan berdasarkan informasi dengan menguji operasionalitas berbagai skenario dan mempertahankan efisiensi, bahkan ketika permintaan mencapai puncak dan terendah.

Sederhananya; ini memungkinkan pengujian hasil yang berbeda untuk memastikan satu proses yang diperkecil tidak akan berdampak pada keseluruhan rantai nilai Anda.

Tes stres melalui simulasi meningkatkan kelincahan dan membangun ketahanan.

Ini memungkinkan Anda untuk menentukan alokasi sumber daya dan orang yang paling efisien, atau perubahan proses yang paling berdampak untuk diterapkan dengan sumber daya yang Anda miliki.

Perbaiki proses anda

Untuk mensimulasikan proses operasional secara efektif, Anda secara intrinsik harus memahaminya terlebih dahulu.

Manajemen proses yang kuat, dikombinasikan dengan alat analisis proses, memberikan pandangan komprehensif tentang cara bisnis Anda ‘benar-benar bekerja’, tidak hanya bagaimana itu dimaksudkan untuk bekerja.

Kerentanan tingkat mikro dalam proses bisnis dapat berdampak pada organisasi di tingkat perusahaan melalui kemacetan, kehilangan kinerja atau kepatuhan dan penundaan pemrosesan.

Proses penambangan adalah contoh alat analisis yang mencari celah-celah ini, memungkinkan untuk wawasan terperinci dan visualisasi yang transparan tentang cara kerja proses, serta peluang untuk optimasi.

Inti dari proses penambangan adalah pemahaman operasi di semua tingkatan, dan umpan balik teratur untuk memperbaiki proses ini ketika tantangan baru muncul.

Ketika krisis melanda, proses penambangan dengan cepat mengidentifikasi titik-titik nyeri, sehingga bisnis Anda dapat dengan cepat menemukan solusi untuk memastikannya kembali berjalan dengan lancar.

Dengan transformasi digital, gangguan dapat menjadi peluang untuk meningkatkan proses penting misi untuk mendukung keunggulan proses, dan memberikan manfaat jangka panjang melalui fleksibilitas jangka pendek.

Pelajaran di sini adalah untuk tetap berpegang pada fundamental, dan membawa mereka maju bersama Anda ke sisi lain dari krisis covid-19 ini; tidak hanya utuh, tetapi ditingkatkan.